Pages

Thursday, March 6, 2008

AHLI TAURAT DAN ORANG PHARISI


So the Pharisees said to one another, "You see that you are not doing any good; look, the world has gone after Him."( John 12:9 )Pharisi berasal dari bahasa Ibrani Pharisee atau Pharisaios (pronounced far-is-ah'-yos) of Hebrew origin; a separatist, i.e. exclusively religious; a Pharisean, i.e. Jewish sectary:--Pharisee. A sect that seems to have started after the Jewish exile. In addition to OT books the Pharisees recognised in oral tradition a standard of belief and life. They sought for distinction and praise by outward observance of external rites and by outward forms of piety, and such as ceremonial washings, fastings, prayers, and alms giving; and, comparatively negligent of genuine piety, they prided themselves on their fancied good works. They held strenuously to a belief in the existence of good and evil angels, and to the expectation of a Messiah; and they cherished the hope that the dead, after a preliminary experience either of reward or of penalty in Hades, would be recalled to life by him, and be requited each according to his individual deeds. In opposition to the usurped dominion of the Herods and the rule of the Romans, they stoutly upheld the theocracy and their country' s cause, and possessed great influence with the common people. According to Josephus they numbered more than 6000. They were bitter enemies of Jesus and his cause; and were in turn severely rebuked by him for their avarice, ambition, hollow reliance on outward works, and affection of piety in order to gain popularity.
Ada salah persepsi tentang orang Pharisi dan para imam, seolah mereka adalah orang yang akrab atau dekat diantara golongan mereka satu sama lain. . Bisa jadi karena dalam PB terutama menjelang sengsara Yesus, kedua golongan ini sering disebut, dan dalam penulisan injil sering disebutkan dalam usaha untuk membunuh Yesus karena kedudukan mereka sangat terancam. Juga ada golongan lain pada waktu kehidupan Kristus, yaitu golongan Herodian yang biasanya adalah para pejabat kaki tangan penjajah Roma ( Herodes Agung, dan anak - anaknya yang menggantikannya adalah Herodes Antifas , dan Philipus penguasa Yudea )lebih bersifat organisasi politik, atau golongan sekitar para pejabat yang mensuport Herodes.

Disamping itu pada zaman atau masa sekitar kehidupan Yesus ada orang - orang Zeloti ( artinya fanatik, para nasionalis, diantaranya Yudas Iskariot atau kadang juga ada Simon orang Zelot dalam Kisah ) yang berusaha melepaskan diri dari penjajahan dan penguasaan Roma. Yang sebenarnya golongan ahli taurat dan para imam adalah dua golongan yang bertentangan dan berusaha mempengaruhi masyarakat Yahudi dan berkuasa di Yudea. Yang Seduki ( berasal dari keturunanBani Zedok , para imam ) atau golongan para imam mempunyai pengaruh yang besar yang diperoleh karena keturunan , dari wibawa jabatan sebagai imam. Sedangkan golongan Pharisi dari wibawa Ahli Taurat. Ketiga golongan ini, baik Herodian, Seduki dan Pharisi memang berada di tanah Yudea saat itu. Saling benci membenci satu sama lain dengan suasana yang penuh kedengkian. Namun dalam suasana yang saling bersaing dan penuh kebencian itu mereka seia sekata dalam rencana membunuh Yesus yang lembut dan rendah hati. Konspirasi mereka berdasar ketakutan akan kehilangan pengaruh dan kekuasaan. Terhadap golongan - golongan tingkat atas ini menurut pandangan orang Yahudi saat itu adalah sbb: Para ahli Turat adalah pahlawan - pahlawan pembela keutuhan Taurat dan segala yang bersifat Yudaism. Mereka adalah pahlawan yang menentang penyembahan berhala, dan yang telah membawa bangsa Yahudi dari kemurtadan selama periode penjajahan / sesudah pembuangan sampai pendudukan Yunani dan Roma .

Saat itu Ezra adalah seorang imam dan juga seorang ahli Taurat. Belum ada pemisahan saat itu. Seorang imam adalah juga seorang ahli Taurat. Kita semua yang sekarang beragama Katolik di Indonesia adalah berkat seorang. Pharisi dan ahli taurat yang bernama Paulus, yang menjadikan orang - orang bukan Yahudi menjadi Kristen atau pengikut Kristus. Berkat perjalanannya yang sampai ke Makedonia dan akhirnya melalui Belanda sampai ke Batavia, sedangkan di Indonesia bagian timur para pengikut Kristus adalah berkat jasa misinaris Spanyol ( Fransciscus Xaverius ) dan orang Portugis ( NTT dan Timor). Kita juga mengenal seorang Pharisian bernama Nicodemus dan kepada seorang ahli Taurat Yesus, pernah berkata : "engkau tidak jauh dari kerajaan Allah "( Mark 12 : 34 ).

Pengertian Ahli Taurat adalah keahliannya, sedangkan Pharisian adalah dari keyakinannya yang kuat. Dalam perjanjian baru selain Paulus kita mengenal Nikodemus, orang Pharisi yang sekaligus juga anggota Sanhedrin, mahkamah agama sekaligus mahkamah agung ; yang diam - diam mengunjungi Yesus diwaktu malam dan mendapat pengajaran untuk dilahirkan kembali. ............"I tell you the truth, no one can enter the kingdom of God unless he is born of water and the Spirit. Flesh gives birth to flesh, but the Spirit gives birth to spirit. You should not be surprised at my saying, ‘You must be born again.' The wind blows wherever it pleases. You hear its sound, but you cannot tell where it comes from or where it is going. So it is with everyone born of the Spirit ( John 3 : 5 - 8 )"....................... Oleh Yohanes yang menceritakan Yesus yang menyembuhkan orang buta di kolam Siloam pada hari Sabat . dikontradiksikan dengan Pharisian yang ahli seluruh kitab suci (perjanjian lama), ahli taurat tertulis maupun lisan , mazmur dan segala kitab kebijaksanaan lainnya . Mereka sangat dicerca Yesus oleh karena tidak mau membuka dirinya dan menutup diri tehadap Roh sehingga membutakan diri mereka karena kedegilannya.

Golongan yang sangat berpengaruh dalam masyarakat Yahudi disamping golongan Seduki. Ada golongan lain yang juga berpengaruh dalam masyarakat yaitu golongan Seduki, pengaruh yang berdasar jabatannya yang resmi sebagai imam. Para imam adalah golongan yang paling tidak atau kurang dijiwai semangat Teokrasi dan yang paling mudah terpengaruh dan bekerja sama dengan pengaruh asingdan pada saat- sat percobaan paling cepat meninggalkan prinsip -prinsip keagamaan mereka . Para imam ini lebih mengutamakan segi - segi duniawi karena jabatan ini memberi kuasa kepemimpinan, baik di bidang keagamaan maupun kenegaraan ( ingat Sanhedrin majelis agama atau mahkamah agungnya atau judikatif peradilan Yahudi dengan yurisdiksi berdasarkan Taurat ). Jumlah golongan para imam ini lebih kecil atau sedikit dibandingkan Pharisi, sebagian besar terdiri dari keluarga para imam yang kaya dan berpengaruh, yang merupakan kaum ningratnya Yahudi. Ambisi mereka adalah memegang peranan dan menentukan jalannya pemerintahan . Kira - kira mereka ini dapat disamakan dengan golongan politik saat masa kini. Perbedaan mereka dengan golongan Pharisi yang radikal, adalah bila Pharisian mempunyai hukum Taurat Tertulis dan Taurat Lisan ( yang sangat dicerca Yesus sebagai hukum manusia).

Para imam atau juga golongan Seduki hanya mengakui Taurat Tertulis. "Bagaimana mungkin orang-orang Pharisi dan para ahli Taurat, tidak mengamalkan semua yang telah mereka ajarkan?". "Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Pharisi..." Sebab mereka: "Menutup pintu-pintu Kerajaan Sorga di depan orang. Sebab kamu sendiri tidak masuk dan kamu merintangi mereka yang berusaha untuk masuk. Menelan rumah janda-janda sedang kamu mengelabui mata orang dengan doa yang panjang-panjang"(Mat 23:14); dan seterusnya. Para ahli Taurat dan orang-orang Pharisi dikecam, karena tugas utama mereka untuk membimbing orang menuju pada keselamatan telah gagal. Sebagai pemimpin mereka telah membuat peraturan manusia dan bukan peraturan Allah , memanipulasi dengan segala peraturan yang memberatkan manusia.

No comments:

MAP I HAD BEEN THERE

MAP OF VISITORS FROM AROUND THE WORLD SINCE OCTOBER 2007

MARY IMMACULATE, SHINING THE BEAUTY

MARY IMMACULATE, SHINING THE BEAUTY
Immaculada de Concepsiou - Pray with Mary for our sins . Ask God give mercy ang grace. Always honoured and praised every where

MY RELATED SITE FACEBOOK

Hendraboe Tanumihardja's Facebook Profile

Visitors country

free counters

LITTLE HOUSE ON THE VALLEY , ARAULEN BOTANICAL GARDEN , WA

LITTLE HOUSE ON THE VALLEY , ARAULEN BOTANICAL GARDEN , WA
In summer the flowers , in the silence joyful and happiness

A SERENITY AND SANCTUARY

A SERENITY AND SANCTUARY
Invite to pray and contemplation

A PURE SPRING WATER INSIDE GROTTO

A PURE SPRING WATER INSIDE GROTTO
Has continued to flow since 1858 ; he that believeth on Me , out of his belly shall flow rivers of living water

POPE BEFORE THE GROTTO

POPE BEFORE THE GROTTO
Pray with Mary when Jubileum Year 150 years

THE MOTHER OF GOD

THE MOTHER OF GOD
By her apparitions as Our Lady of Guadalupe to Saint Juan Diego

ALL OF THE SAINTS

ALL OF THE SAINTS
When two holly people met

VIA DOLOROSA AT SANCTUARIES LPORDES

VIA DOLOROSA AT SANCTUARIES LPORDES
A lonesome road visited by million of pilgrims

FROM GABATHA TO GOLGOTHA

FROM GABATHA TO GOLGOTHA
Jesu , Joy of man's desiring . Commemoration of Holy Friday in my parish "You are my disciples, if you keep obeying my teachings"

Mary Magdalene

Mary Magdalene
By Gestilenchi

NOTRE DAME BASILICA - PARIS

NOTRE DAME BASILICA  -  PARIS
Mother of Church Diocese of Paris

LIFE IS EXCITING AND CHALLENGING

LIFE  IS  EXCITING  AND CHALLENGING
Filled it with wonder

NOTRE DAME BASILICA - PARIS

NOTRE DAME BASILICA  -  PARIS
Pictured from Seine river, started build in 11th century , Pope Alexander III laid the first stone

TIME IS ETERNITY

TIME  IS  ETERNITY

BASILIQUE IMMACULADE DE CONCEPCIOU - SANCTUARIES LOURDES

BASILIQUE IMMACULADE DE CONCEPCIOU - SANCTUARIES LOURDES
Built as Lady Mary's request to Bernarde

BERNADETTE SOUBIROUS 1844 - 1879 , 18 apparitions of a Lady , Mary

BERNADETTE SOUBIROUS 1844 - 1879 , 18 apparitions of a Lady , Mary
Canonised in 1933 , a miracle : her body incorruptible after death

MARY AT GROTTO WHERE MOTHER OF GOD MET BERNADETTE SOUBIROS in 1858

MARY AT GROTTO WHERE MOTHER OF GOD MET BERNADETTE SOUBIROS in 1858
Eucharist celebration with Sacrament adoration continuously along the day for the glory of God.

CANDLE PROSESSION IN THE FRONT OF BASILIQUE NOTRE DAME SANCTUARY LOURDES

CANDLE PROSESSION IN THE FRONT OF BASILIQUE NOTRE DAME SANCTUARY LOURDES
A very amazing and an undescribed feeling and emotion . Hail Mary for the glory of God

BLESSING - MAY OUR GOD GIVE BLESSING

BLESSING - MAY OUR GOD GIVE BLESSING
And ye will not come to me, that ye might have life.